KOPI JEBUG/PINANG/JAMBE, MANFAAT DAN KHASIAT

Ketika saya berkunjung ke rumah seorang teman, Kabupaten Bogor, saya disuguhkan secangkir kopi dari biji pinang dalam kemasan bernama Kopi Jebuk Gula Aren Kristal. Rasanya enak dan mirip dengan rasa kopi, namun sesuai namanya pinang jadi agak sepet. Kata teman saya Kopi Jebuk membuat badannya jadi lebih “enak”, dia memesannya dari Cilacap, Jawa Tengah. 

Setahu saya biji pinang memang baik untuk kesehatan, buktinya didaerah saya banyak yang mengkonsumsi langsung ataupun ada juga yang dibuat jamu. Karena itu saya tertarik untuk membeli Kopi Jebug ini, satu boks harganya Rp. 70.000 (10 bungkus). Beberapa bulan yang lalu, sahabat saya (seorang Dosen STF YPIB Cirebon, pernah mengatakan bahwa biji pinang memiliki kandungan senyawa alkaloid, salah satu bahan yang memiliki nutrisi sangat berkhasiat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. 

Secara umum dikatakan bahwa pinang dapat mengatasi mimisan, koreng, bisul, kudis, diare, sakit pinggang, dapat mengecilkan rahim setelah melahirkan, mengobati mata rabun dan yang diluar dugaan adalah tulisan di bagian belakang kemasan, yaitu “Pembangkit Stamina (Anti Loyo)”. 

Setelah beberapa kali saya minum, sepertinya biasa-biasa saja, karena menurut teman saya tadi, pendapat tsb hanya mitos karena secara logika orang yang sehat pasti staminanya akan bagus dan tidak akan loyo. Tapi sebenarnya itu bukan hanya mitos, kalau mengkonsumsi dicampur dengan beberapa bahan lain, misalkan madu dan kuning telur ayam kampung, ternyata  bisa digunakan sebagai “Pembangkit Stamina (Anti Loyo)”.

Seperti kopi yang kita kenal, sebaiknya meminum Kopi Jebug cukup antara 1 sampai dengan 2 cangkir sehari, jika berlebihan dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi,  detak jantung tidak teratur, dan asma. (dikutip : lintang-nusantara-indonesia.blogspot)

Info resmi ke agen-an : 0857-5001-6090

No comments:

Post a Comment

Ucapan mencerminkan budi pekerti dan moral. Silahkan berkomentar dengan santun dan saling membangun.