Bismillah, Assalamu'alaykum...
Gadget selalu menempati penjualan nomor wahid di toko online ya. Heran, gak ada habisnya. Punya 1 hp jaman sekarang memang kayaknya gak cukup. Beda kartu ya beda hp, padahal banyak hp yg sudah menawarkan dual sim dan juga biasanya dirumah pada numpuk hp hp lawas yang sebenarnya masih bisa dipakai. Jawaban logisnya mungkin karena manusia selalu haus akan barang baru dan teknologi baru. Ada salah satu perusahaan gadget terkemuka asal Korea yang selalu mengeluarkan type anyar hampir per 2 sampai 3 bulan sekali, namun ya tetap laku keras produk yang mereka pasarkan. Apalagi bagi mereka penggila gadget, batasan bagi mereka untuk ganti gadget adalah jika sudah bosan. Jika dalam dua bulan dirasa bagi mereka bosan dan memiliki finansial yang cukup mengapa tidak menurut mereka. Lalu handphone lama mereka kemana, ya mungkin mereka jual rugi. Hitungan mereka, kerugian yang mereka terima bukan rugi tapi pengganti pemakaian jadi wajar saja. Baik sekarang mari kita kepokok judul, memang ada apa dengan beli gadget secara on line.
Tidak ada masalah sebenarnya beli gadget secara online dari segi keamanan pembelian. Apalagi saat ini banyak toko online terpercaya betebaran dimana mana. Jadi persoalan takut tertipu sepertinya sudah bukan jamannya lagi. Bagi para penipu pada gulung tikar, Alhamdulillah.Suatu kemajuan yang positif dari dunia online. Hanya saja dibalik menjamurnya dan keuntungan berbelanja online ada satu masalah kecil yang bisa membuat rasa ini rada dongkol. Apa itu..? yaitu masalah klaim garansi. Bagi masyarakat terutama yang jauh dari Jakarta atau kota besar lainnya di Indonesia tentu masalah klaim garansi sangat sensitif, apalagi gadget sekarang sudah mendarah daging artinya sudah tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari hari walaupun satu menit kecuali sedang tidur dan bekerja, bahkan dijalanpun kadang kita masih menemui beberapa manusia yang sempat bermain gadget di kendaraan. Allohulmusta'an.
Bagi mereka yang wilayahnya jauh dari kota besar jika suatu ketika ada masalah dengan gadget yang dibelinya maka yang paling aman adalah membawanya ke service center masing-masing brand. Namun yang jadi masalah kebanyakan dari mereka tidak tau harus dibawa kemana, walaupun didalamnya sudah ada kartu garansi dimana tertera alamat service center. Itu saja tidak cukup, karena mereka kadang kesulitan dalam mengakses kabar terbaru proses service sudah sampai mana. Ujung-ujungnya banyak yang berpendapat dari mereka mending bawa ke konter hp biasa untuk service. Hal ini tentu saja mengakibatkan garansi hilang dan belum tentu jika ada kendala pada hardware akan diganti dengan sparepart yang original. Lalu untuk mengantisipasi hal buruk jika nanti ada kendala lagi maka dijual bekas dengan harga murah.
Tentu saja ini hal kecil dalam belanja online karena tergiur harga murah namun berakibat fatal. Sebenarnya hal ini bisa kita hindari dengan cara belanja OFFLINE. Beli langsung ke toko/dealer terdekat di wilayah anda. Jadi jika sewaktu-waktu terjadi masalah dan harus 'di inapkan' di service center, anda masih bisa dengan leluasa memantau lewat toko dimana anda membelinya. Tapi kadang tidak semua orang memilih jalur ini, karena beda harga beli bisa mencapai 100rb rupiah dari toko online.
Sedikit berbagi pengalaman, pernah saya belanja gadget dengan merk S***X****A di salah satu toko online di Indonesia, baru digunakan selama tiga hari, bayangkan tiga hari, handphone langsung mati total. Bukan karena jatuh, tercelup air, apalagi terbakar. Semua itu terjadi tiba-tiba saja. Saat itu juga saya konfirmasi ke pihak toko online tersebut. Jawaban dari mereka sangat singkat, "Agan, wilayahnya dimana? Biar kami cari tau lokasi terdekat dari tempat agan". Ujung-ujungnya saya hanya diberikan info mengenai lokasi service center yang ternyata tidak dekat, harus ditempuh dalam waktu 2,5 jam perjalanan dari wilayah saya. Tidak ada pilihan, akhirnya saya berangkat ke SC (Service Center) brand tersebut, sesampainya disana salah satu CS dari mereka mengatakan bahwa handphone harus dikirim ke pusat untuk di service. Selama masa service hanya bisa menunggu kepastian kapan kelarnya handphone saya. Singkat cerita handphone di inapkan selama 5 bulan baru selesai. Nahhhh.. bukan hanya repot bagi saya karena lokasi SC yang jauh tapi juga dalam penyelesaian service yang berlarut-larut. Saran saya dari pengalaman yang sudah-sudah bagi anda yang wilayah bermukim jauh dari pusat kota propinsi apalagi Jakarta, lebih baik belanja gadget/elektronika ke toko gadget/elektronika yang ada di wilayah anda sendiri, walaupun harus dengan sistem pre-order. Agak mahal sedikit tidak masalah yang penting hati anda lebih nyaman jika sewaktu-waktu ada kendala pada gadget kesayangan anda. Okeee sekian berbagi kali ini, semoga ada manfaatnya. Sekian dan selamat berbelanjaaaaaa....